ANALISA TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PDAM MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC STUDI KASUS PDAM KOTA PADANG

Syamsul Kamal

Sari

PDAM Kota Padang telah mengupayakan dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih pada pelanggannya namun dalam perjalanannya sering mendapat kendala dan keluhan dari pelanggan antara lain adalah kualitas air yang belum memenuhi target atau standar yang ada dan harga yang diberikan oleh pihak PDAM kepada pelanggan belum sebanding dengan harapan pelanggan serta pelayanan yang diberikan oleh pelanggan belum maksimal. Untuk  mengatasi permasalahan di atas maka dilakukuan penganalisaan tingkat kepuasan pelanggan terhadap harga pemakaian air pada konsumen dan metode yang digunakan adalah Logika Fuzzy dengan metode Mamdani. Pada proses pengolahan datanya adalah dengan dua input yaitu Golongan pelanggan dan volume pemakaian air dan satu output yaitu harga pemakaian air. Dengan menggunakan logika Fuzzy dianggap mampu untuk mengatasi masalah dan memetakan suatu input ke dalam suatu output tanpa mengabaikan faktor-faktor yang ada. Dari pengujian data output maka hasil perhitungan fuzzy logic metode mamdani untuk harga pemakaian pada pelanggan menggunkan aplikasi FIS Editor Toolbox pada perangkat lunak  Matlab ini relevan dengan hasil perhitungannya mendekati sama dengan perhitungan secara manual atau konvensional.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.