FUZZY LOGIC DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN UMKM ( USAHA MIKRO KECIL MENENGAH)

Aggy Pramana Gusman, Ihsan Verdian, Titik Efnita

Sari

Pemilihan strategi pemasaran songket Silungkang Sumatera Barat adalah sesuatu yang sangat mendesak dikarenakan songket adalah suatu identitas daerah atau budaya yang harus dilestarikan dan dipromosikan. Pemilihan strategi pemasaran yang tepat adalah sesuatu yang sangat diharapkan dan menjadi alternatif sebuah keputusan yang akan dipilih nantinya.  alternatif yang akan dicapai empat alternatif yang mengandung beberpa kriteria yang harus dinilai berdasarkan prioritas. Pemilihan alternatif strategi ini dihasilkan dari analisa SWOT.  Pengembangan strategi penjualan songket Silungkang di Sumatera Barat dihadapkan dengan suatu keputusan yang ambigu atau tidak pasti sehingga pengambil keputusan kesulitan dalam menentukan keputusannya biasanya pengambil keputusan menggunakan intuisi dan subjektivitas saja. Pendekatan fuzzy analitical hirarki proses ( F-AHP) merupakan salah satu metode yang dapat menjawab persoalan ini, karena metode ini menuntun pengambil keputusan untuk melakukan penilaian terhadap setiap kriteria dan alternative.  kriteria yang digunakan dalam penelitian ini adalah Strenghts, Weakness, Opportunity dan Threat hasil dari simulasi SWOT dan F-AHP menghasilkan alternatif pengembangan strategi pemasaran songket Silungkang Sumatera Barat yang terdiri dari strategi jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang

Teks Lengkap:

Download

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.