DESAIN MICROCONTROLER DALAM SISTEM ABSENSI SISWA MENGGUNAKAN FINGERPRINT BERDASARKAN SIDIK JARI DI DUKUNG OLEH PEMROGRAMAN BAHASA C

Elmi Rahmawati, Ruri Hartika Zein

Sari

Dewasa ini pemalsuan tandatangan yang dilakukan oleh mahasiswa sudah menjadi kebiasaan. Hal ini selaras dengan dilakukannya pengecekan absensi mahasiswa oleh dosen dimana tandatangannya ada mahasiswa bersangkutan tidak berada didalam kelas.
Demi menghindari hal tersebut penulis melakukan penelitian untuk pengambilan absensi mahasiswa menggunakan sidik jari melalui Fingerprint kemudian dipadukan dengan pemrograman bahasa C. Penulisan ini bertujuan agar tidak terjadi pemalsuan tandatangan yang diberikan untuk mengisi absensi.
Pada penulisan ini penulis menggunakan metode Field Research dan Library Research dengan cara menguji konsep yang telah ada ke peralatan yang sesuai, kemudian diaplikasikan menggunakan microcontroller ARDUINO UNO sebagai chip, fingerprint sebagai media pembaca sidik jari dan pemrograman menggunakan bahasa C.
Sistem akan bekerja jika mahasiswa menempelkan jarinya ke perangkat fingerprint, jika sinyal Low Level aktif itu artinya jari mahasiswa terbaca dengan demikian sinyal akan diteruskan ke microcontroller ARDUINO UNO untuk mencari data mahasiswa tersebut.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.