METODE NON HIERARCHY ALGORITMA K-MEANS DALAM MENGELOMPOKKAN TINGKAT KELARISAN BARANG (STUDI KASUS : KOPERASI KELUARGA BESAR SEMEN PADANG)

Dewi Eka Putri

Abstrak

ABSTRAK

Pesatnya perkembangan teknologi informasi yang menjadikan semua informasi dapat di simpan dalam jaringan komputer, membuat munculnya sistem basis data yang sangat besar. Data Mining salah satunya, merupakan teknologi yang sangat berguna untuk membantu perusahaan menemukan informasi yang sangat penting dari gudang data (Data warehouse). Clustering merupakan salah metode dalam Data Mining yang bersifat tanpa arahan (unsupervised). Penggunaan algoritma K-Means adalah dapat membantu dalam mengelompokkan data, dan informasi yang ditampilkan berupa nilai centroid dari tiap-tiap cluster, untuk menentukan tingkat kelarisan barang pada Koperasi.

Kata kunci : Data Mining, algoritma K-Means, tingkat kelarisan barang, dan Koperasi.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.