PENERAPAN METODE C4.5 DAN NAÏVE BAYES UNTUK KLASIFIKASI TIPE BELAJAR SISWA DI SMKN 4 SAMARINDA

Siti Qomariah, Andi Yushika Rangan

Abstrak

Abstrak
Belajar merupakan proses yang ditandai dengan perubahan pada diri seseorang seperti perubahan pengetahuan, pemahaman, sikap dan tingkah laku, keterampilan, kecakpan dan lain-lain. Keberhasilan proses belajar dapat diindikasikan dengan keberhasilan peserta didik dalam menyerap pengajaran yang telah diberikan. Setiap individu siswa memiliki tipe belajar sendiri-sendiri,ada tipe belajar audio, kinestetik dan visual. Tipe belajar ini adalah cara siswa dalam menangkap informasi yang diberikan oleh pengajar atau guru. Ketidakmampuan siswa dalam menyerap informasi bisa dikarenakan ketidak cocokan gaya belajar siswa dengan gaya penyampaian guru. Untuk melakukan klasifikasi tipe belajar digunakan penerapan metode C4.5 dan Naïve bayes, dari kedua metode tersebut akan dibandingkan tingkat akurasi dari masing-masing metode. Dari hasil yang didapat untuk algoritma Naive bayes lebih tinggi hasil akurasinya dari metode C4.5 sebesar 4,41 %..
Kata Kunci : Belajar, tipe_belajar, klasifikasi, C4.5, Naïve_Nayes

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.