Penerapan Algoritma K-Means dalam Data Mining untuk Peminatan Jurusan Bagi Siswa Kelas X (Studi Kasus: SMA Negeri 29 Jakarta)

Nurhayati Nurhayati, Luigi Ajeng Pratiwi

Abstrak

Abstrak

Sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Dirjen Mandikdasmen Departemen Pendidikan Nasional Nomor 12/C/KEP/TU/2008 dalam Juknis Penulisan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik diketahui bahwa penentuan jurusan sangat diperlukan bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), begitu juga di SMA Negeri 29 Jakarta. Peminatan dilakukan pada saat siswa berada di kelas X (sepuluh) dan akan naik ke kelas XI (sebelas). Proses penentuan jurusan bagi siswa SMA akan terjadi secara berulang setiap tahun. Jumlah data yang banyak tersebut maka sangat mungkin terjadi kesalahan ketika proses peminatan jurusan dilakukan. Hal tersebut dapat diminimalisir dengan penggunaan teknologi Data Mining. Pada penelitian ini, peneliti menerapkan algoritma K-Means dalam teknologi Data Mining sehingga diharapkan dapat diketahui jumlah siswa yang masuk jurusan IPA atau IPS secara akurat. Hasil implementasi algoritma K-Means pada penelitian ini menghasilkan tingkat akurasi yang tinggi yaitu sebesar 75%.


Kata Kunci :Data Mining, K-Means

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.