KORELASI KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SIKAP BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (Studi Kasus Kelas XI SMA N 16 Padang )

Main Article Content

rina sepriana
Yogi Rachmat Febrinandi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan dan positif antara Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Sikap Belajar Pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI Di SMA N 16 Padang Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskritif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 16 Padang tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 217 orang dan sampel 141 orang. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan instrumen penelitian berupa angket . Skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert. Pada penelitian ini dilakukan teknik analisis data berupa uji-t setelah dilakukan uji persyaratan terdiri dari uji normalitas, uji linearitas. Berdasarkan  hasil pengolahan data yang telah dilakukan diperoleh angka korelasi sebesar 0,195. Setelah dilakukan uji signifikansi diperoleh thitung = 2,388 sedangkan  ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk =139 nilainya adalah 1,976. Jadi thitung  berada diluar harga ttabel (thitung  >  ttabel ) sehingga menolak H0 dan menerima H1. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan sikap belajar pada mata pelajaran TIK kelas XI SMA N 16 Padang semester genap tahun ajaran 2014/2015

Article Details

How to Cite
sepriana, rina, & Febrinandi, Y. (2019). KORELASI KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SIKAP BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. JURNAL PTI (PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI) FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITA PUTRA INDONESIA "YPTK" PADANG, 6(2), 7-13. https://doi.org/https://doi.org/10.35134/pti.v6i2.860
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times