Perancangan Dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Iqra ( Studi Kasus PAUD/TK di Padang )
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitas perancangan dan pembuatan media pembelajaran berbasis android mata pelajaran Iqra siswa PAUD/TK di Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development). Subjek penelitian berjumlah 10 orang. Metode penelitian ini menggunakan model (ADDIE), dengan desain dan langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut.(1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementatio, dan (5) Evaluation. Hasil uji validitas oleh para ahli secara keseluruhan adalah sebesar 93,93%, sehingga tingkat validitas dapat di interprestasikan sangat valid digunakan. Hasil penilaian uji praktikalitas secara keseluruhan adalah sebesar 89,42%, sehingga tingkat praktikalitasnya dapat di interprestasikan sangat praktis digunakan. Hasil penilaian uji soal test efektifitas secara keseluruhan adalah sebesar 85,98% sehingga tingkat efektifitasnya dapat di interprestasikan efektif digunakan. Kesimpulannya, berdasarkan penilaian beserta masukan ahli serta hasil dari uji coba lapanganmedia pembelajaran berbasis android sebagai media pembelajaran sudah teruji kelayakan, keunggulan, dan dapat digunakan pada proses pembelajaran pada mata pelajaran Iqra siswa PAUD/TK di Padang.