Perancangan Dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Iqra ( Studi Kasus PAUD/TK di Padang )

Main Article Content

Jhon Veri
Surmayanti Surmayanti
SIlfia Andini

Abstract

                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitas perancangan dan pembuatan media pembelajaran berbasis android mata pelajaran Iqra siswa PAUD/TK di Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development). Subjek penelitian berjumlah 10 orang. Metode penelitian ini  menggunakan model (ADDIE), dengan desain dan langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut.(1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementatio, dan (5) Evaluation. Hasil uji validitas oleh para ahli secara keseluruhan adalah sebesar 93,93%, sehingga tingkat validitas dapat di interprestasikan sangat valid digunakan. Hasil penilaian uji praktikalitas secara keseluruhan adalah sebesar 89,42%, sehingga tingkat praktikalitasnya dapat di interprestasikan sangat praktis digunakan. Hasil penilaian uji soal test efektifitas secara keseluruhan  adalah sebesar 85,98% sehingga tingkat efektifitasnya dapat di interprestasikan efektif digunakan. Kesimpulannya, berdasarkan penilaian beserta masukan ahli serta hasil dari uji coba lapanganmedia pembelajaran berbasis android sebagai media pembelajaran sudah teruji kelayakan, keunggulan, dan dapat digunakan pada proses pembelajaran pada mata pelajaran Iqra siswa PAUD/TK di Padang.

Article Details

How to Cite
Veri, J., Surmayanti, S., & Andini, S. (2020). Perancangan Dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Iqra ( Studi Kasus PAUD/TK di Padang ). JURNAL PTI (PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI) FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITA PUTRA INDONESIA "YPTK" PADANG, 7(2), 1-9. https://doi.org/https://doi.org/10.35134/pti.v7i2.1476
Section
Articles
Abstract viewed = 6 times
PDF downloaded = 6 times