Efektifitas Cd Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Materi Transformasi Geometri Di Kelas Xii Ipa Sma N I Tebing Tinggi

Main Article Content

Rubiana Rubiana

Abstract

Pengembangan media CD ini berawal dari hasil investigasi ke beberapa sekolah SMA di Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti, dengan mewawancarai beberapa orang guru matematika dan siswa Kelas XII IPA SMA tentang pembelajaran materi Transformasi Geometri. Dari wawancara diketahui bahwa kurangnya media pembelajaran digunakan dalam menunjang pembelajaran, termasuk materi transformasi geometri masih dipelajari dengan menggunakan white board saja yang menyebabkan siswa/i kurang memahami materi traslasi, refleksi, rotasi dan dilatasi sehingga aktivitas siswa tidak berkembang dengan baik dan hasil belajar siswa tidak meningkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) dengan menggunakan model pembelajaran berbasis komputer. Untuk melihat validitas, praktikalitas dan efektifitas media ini, peneliti melakukan uji coba produk ke kelas XII IPA SMA I Tebing tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti, dan divalidasi oleh pakar yaitu pakar media dan pakar pendidikan untuk materi tersebut. Hasil Penelitian, validasi dan ujicoba menunjukkan bahwa media CD ini valid, meningkatkan aktivitas siswa dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa mencapai 75,7% dalam pembelajaran matematika untlfuk materi transformasi geometri khususnya pada KD 3.6, dibandingkan ketuntasan siswa pada tahun sebelumnya yaitu siswa tuntas hanya 50%

Article Details

How to Cite
Rubiana, R. (2020). Efektifitas Cd Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Materi Transformasi Geometri Di Kelas Xii Ipa Sma N I Tebing Tinggi. JURNAL PTI (PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI) FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITA PUTRA INDONESIA "YPTK" PADANG, 7(1), 74-86. https://doi.org/https://doi.org/10.35134/pti.v7i1.1362
Section
Articles
Abstract viewed = 26 times
PDF downloaded = 26 times