PERANCANGAN TYPEFACE BERDASARKAN MOTIF UKIRAN MINANGKABAU PUCUAK RABUANG

Main Article Content

Hasnul Hamdi

Abstract

Tugas Akhir ini berjudul Perancangan Typeface Berdasarkan Motif Ukiran Minangkabau Pucuak Rabuang. Perancangan ini dilatar belakangi karena kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap motif ukiran yang ada di Minangkabau salah satunya adalah motif pucuak rabuang. Data yang digunakan pada perancangan ini adalah data verbal, data visual, data yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi motif ukiran pucuak rabuang yang kemudian dianilisa dengan teori SWOT. Data diproduksi melalui proses manual dan digital dengan studi ikonik demi menampilkan citra motif ukiran pucuak rabuang.


Berlandaskan ide dan pandangan kreatif, perancangan ini mencoba menggugah masyarakat agar tidak melupakan warisan budaya Minangkabau salah satunya motif ukiran pucuak rabuang. Melalui tipografi para desainer muda berpeluang menemukan celah baru dalam dunia desain dan tipografi. Melalui motif pucuak rabuang masyarakat diharapkan bisa menjaga warisan budaya serta mengambil nilai-nilai dan pesan yang terkandung didalamnya.


Perancangan ini diharapkan dapat menambah khazanah keilmuan Desain Komunikasi Visual khususnya tipografi dan menegaskan kemampuan ilmu DKV sebagai media yang melestarikan warisan budaya nusantara khususnya motif pucuak rabuang.


Kata Kunci : Perancangan, typeface, motif, ukiran

Article Details

Section
Articles
Abstract viewed = 8 times
Download downloaded = 8 times