“STUDI KARAKTERISTIK PEJALAN KAKI DI LAMPU PENYEBERANGAN DI RUAS JL. JEND. SUDIRMAN”

Main Article Content

fiki julianto

Abstract

Pejalan kaki merupakan bagian dari sistem transportasi yang tidak kalah pentingnya dibandingkan moda transportasi lain. Oleh karena itu kebutuhan pejalan kaki merupakan bagian yang integral dalam sistem transportasi jalan.
Berdasarkan hasil evaluasi terhadap perilaku penyeberang pejalan kaki di ruas Jalan Jend. Sudirman terhadap pengaruh lalu lintas maka yang dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah pada ruas Jalan Jend. Sudirman selama jam 06.00 – 08.00 bahwa penyeberang lebih banyak menggunakan ruas jalan dari pada menyeberang melalui zebra cross pada pagi hari serta zebra cross yang terdapat di lampu penyebrangan dapat disimpulkan berfungsi tidak efektif, pada ruas Jalan Jend. Sudirman selama jam 16.00 – 18.00 lebih banyak penyeberang menggunakan zebra cross dari pada menyeberang melalui ruas jalan pada pagi hari serta zebra cross yang terdapat di lampu penyebrangan dapat disimpulkan berfungsi efektif, selama puncak pagi rata - rata penyeberang pejalan kaki yang melalui jalan mempengaruhi kinerja arus lalu lintas dimana mampu menahan 1 kendaraan selama 1.03 detik dan selama puncak sore rata - rata penyeberang pejalan kaki yang melalui jalan mempengaruhi kinerja arus lalu lintas dimana mampu menahan 2 kendaraan selama 1.53 detik.


Kata Kunci: Pejalan Kaki, Penyeberangan

Article Details

How to Cite
julianto, fiki. (2020). “STUDI KARAKTERISTIK PEJALAN KAKI DI LAMPU PENYEBERANGAN DI RUAS JL. JEND. SUDIRMAN”. CEC, 2(1), 27-53. Retrieved from http://lppm.upiyptk.ac.id/ojsupi/index.php/civil/article/view/680
Section
Articles
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 2 times