“ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA KERETA API KOTA PADANG” Studi kasus : Kereta Api Jurusan Padang – Bandara Internasional Minangkabau

Main Article Content

Doni Setiawan

Abstract

Masalah yang sering terjadi diperkotaan adalah penataan kota, mulai dengan pemukiman, tata ruang, masyarakat yang miskin dan transportas, begitu pun dengan Kota Padang. Semakin banyaknya keperluan masyarakat akan transportasi khususnya tujuan Padang-Bandara Internasional Minangkabau menjadikan salah satu alasan dibukanya stasiun kereta api tujuan tersebut. Karena kereta api mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan alat transportasi darat lainnya, yaitu ongkos yang relatif murah, dapat duduk dengan leluasa, lebih cepat, dan lebih aman.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar minat masyarakat terhadap moda angkutan kereta api dengan menganalisis tingkat kepuasan pengguna kereta api sesuai dengan respon dari masyarakat. Koefisien Determinasi (R2) diperoleh dari angka Adjusted R Square sebesar 0,404 hal ini menunjukan bahwa sumbangan variabel kenyamanan, keamanan, keselamatan, waktu, tarif angkutan, dan pelayanan pada pengguna kereta api Jurusan Padang-Bandara Internasional Minangkabau sebesar 0,404 atau 40,4% sedangkan sisanya sebesar 59,6% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti didalam penelitian ini. Dari hasil ini di dapatkan nilai 40,4% yang menandakan bahwa pelayanan yang diberikan oleh PT. Kereta Api Indonesia belum baik dan pengguna belum merasa puas terhadap kinerja pelayanan kereta api jurusan Padang-Bandara International Minangkabau.


Kata Kunci: Kereta Api, Kepuasan, Transportasi, Moda.

Article Details

How to Cite
Setiawan, D. (2020). “ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA KERETA API KOTA PADANG” Studi kasus : Kereta Api Jurusan Padang – Bandara Internasional Minangkabau. CEC, 2(1), 1-27. Retrieved from http://lppm.upiyptk.ac.id/ojsupi/index.php/civil/article/view/678
Section
Articles
Abstract viewed = 48 times
PDF downloaded = 48 times