STUDI STABILITAS LERENG JALAN TARUSAN PAINAN PESISIR SELATAN DAN PENANGGULANGANNYA

Main Article Content

Nanda Nanda Nanda

Abstract

Longsoran yang terjadi di jalan Tarusan-Painan terjadi karena intensitas hujan yang cukup deras yang menyebabkan pergerakan tanah pasir pada lereng. Analisis stabilitas lereng merupakan analisis yang harus dilakukan untuk mengetahui lereng tersebut aman atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lereng yang telah mengalami kelongsoran beserta penanganannya. Metoda yang digunakan untuk analisis stabilitas lereng adalah dengan menggunakan software slide 6.0 dengan hasil faktor keamanan rata-rata 0.47 yang menyatakan lereng tidak aman sehingga diperlukan penangan yang tepat dan efektif. Penanganan yang dipilih terdiri dari dua opsi, yaitu dinding penahan tanah kantilever dan turap kantilever. Dari hasil analisis dindingĀ  penahan tanah kantilever didapatkan Fs guling = 3.39, Fs geser = 1.91, Fs daya dukung = 7.80, sedangkan dengan menggunakan turap kantilever didapatkan tinggi turap dari dredge line 6 m, dan kedalaman aktual 9 m dengan menggunakan safety factor 1.3. Dengan menggunakan metode elemen hingga didapatkan nilai safety factor 1.817.

Article Details

How to Cite
Nanda, N. (2019). STUDI STABILITAS LERENG JALAN TARUSAN PAINAN PESISIR SELATAN DAN PENANGGULANGANNYA. Civil Engineering Collaboration, 1(2), 110-121. Retrieved from http://lppm.upiyptk.ac.id/ojsupi/index.php/civil/article/view/191
Section
Articles
Abstract viewed = 2 times
Download downloaded = 2 times