HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DAN SELF COMPASSION DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI DI MAN 2 SOLOK

Main Article Content

Isna Asyri Syahrina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning dan self compassion dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI di MAN 2 Solok. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah self regulated learning dan self compassion dan variabel terikat adalah prokrastinasi akademik. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala self regulated learning, skala self compassion dan skala prokrastinasi akademik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MAN 2 Solok yang berjumlah 89 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah 89 orang siswa kelas XI di MAN 2 Solok.


Uji validitas dan reliabilitas pada penelitian ini menggunakan teknik alpha cronbach. Hasil koefisien validitas pada skala self regulated learning bergerak dari rix=0,303 sampai dengan rix=0,778 dengan koefisien reliabilitas sebesar α=0,905 sedangkan pada skala self compassion bergerak dari rix= 0,494 sampai dengan rix=0,878 dengan koefisien reliabilitas sebesar α=0,970 dan pada skala prokrastinasi akademik bergerak dari rix=0,324 sampai dengan rix=0,809 dengan koefisien reliabilitas sebesar α=0,939. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai korelasi antara self regulated learning dengan prokrastinasi akademik sebesar -0,679 dengan taraf signifikansi 0,000 dan nilai korelasi antara self compassion dengan prokrastinasi akademik sebesar -0,524 dengan taraf signifikansi 0,000 serta nilai korelasi antara self regulated learning dan self compassion secara bersamaan dengan prokrastinasi akademik sebesar 0,691 dengan taraf signifikansi 0,000 yang berarti hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara self regulated learning dan self compassion dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI di MAN 2 Solok.


 


Kata kunci: Self Regulated Learning, Self Compassion, Prokrastinasi Akademik, Siswa.

Article Details

How to Cite
Syahrina, I. (2019). HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DAN SELF COMPASSION DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI DI MAN 2 SOLOK. Psyche 165 Journal, 12(2), 134-143. https://doi.org/https://doi.org/10.29165/psikologi.v12i2.262
Section
Articles
Abstract viewed = 4 times
download downloaded = 9 times