Prokrastinasi Akademik ditinjau dari Adversity Quotient dalam mengerjakan Skripsi pada mahasiswa/mahasiswi STIE Eka Prasetya Medan

Main Article Content

Christover Christover

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adversity quotient dan prokrastinasi akademik. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara adversity quotient dan prokrastinasi akademik, dengan asumsi semakin tinggi adversity quotient maka semakin rendah prokrastinasi akademik dan sebaliknya semakin rendah adversity quotient maka semakin tinggi prokrastinasi akademik. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa/mahasiswi di STIE Eka Prasetya Medan sebanyak 105 orang yang dipilih dengan menggunakan total sampling. Data diperoleh dari skala untuk mengukur adversity quotient dan prokrastinasi akademik.Perhitungan dilakukan dengan melalui uji prasyarat analisis (uji asumsi) yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan Analisa Product Moment melalui bantuan SPSS 20 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan r = -0.844, dan p = 0.000 (p < 0.05) yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara adversity quotient dan prokrastinasi akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan (R2) yang diberikan variabel adversity quotient terhadap prokrastinasi akademik adalah sebesar 71.2 persen, selebihnya 28.8 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima.

Article Details

How to Cite
Christover, C. (2020). Prokrastinasi Akademik ditinjau dari Adversity Quotient dalam mengerjakan Skripsi pada mahasiswa/mahasiswi STIE Eka Prasetya Medan. Psyche 165 Journal, 13(2), 147-153. https://doi.org/https://doi.org/10.29165/psikologi.v13i1.1339
Section
Articles
Abstract viewed = 45 times
Download downloaded = 45 times