Usulan Perbaikan Sistem Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Sistem Administrasi Gudang Online (AGO) Menggunakan Standar ISO/IEC 9126 di PT. PLN (Persero) Rayon Duri

Main Article Content

rika rahmat putri

Abstract

Abstrak


Dalam pembangunan sebuah sistem diperlukan adanya penjaminan kualitas. Sebuah sistem bisa dikatakan berkualitas baik apabila sudah memenuhi kebutuhan pemakai. Kualitas dapat diukur dari beragam sudut pandang. Salah satu sudut pandang untuk mengukur kualitas perangkat lunak adalah dengan berfokus kepada kepuasan pengguna (user based). Untuk mengetahui kualitas suatu sistem maka diperlukan analisis kualitas terhadap sistem tersebut.  Sistem administrasi gudang online  (AGO)  yang digunakan untuk mengelola persedian material gudang di PT. PLN (Persero) Rayon Duri ini masih memiliki kekurang an dalam pelayanannya saat digunakan,  penelitian ini bertujuan untuk menemukan usulan  perbaikan guna meningkatkan persentase kualitas  layanan sistem administrasi gudang online (AGO) berdasarkan standar ISO/IEC 9126. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara dan kuesioner untuk mengetahui keluhan user terhadap sistem, sedangkan untuk pengolahan data  menggunakan pendekatan maturity model dan  delay. Dalam pengujian tingkat reliability (keandalan) sistem AGO berada pada level 1 (sistem sudah terkomputerisasi namun belum terstandarisasikan), untuk mengujian delay seluruh keterlambatan input masuk pada kategori baik dan bisa dimaklumi. Berdarsarkan level maturity (kematangan) dan delay pengujian meghasilkan bahwa sistem administrasi gudang online (AGO) memerlukan adanya perbaikan dan perawatan untuk meningkatkan kinerja kualitas layanan sistem terhadap pengguna (user), sehingga dengan adanya perbaikan dan perawatan sistem dapat meningkatkan 26% menjadi 41% persentase kualitas sebuah sistem teknologi informasi.


                                                                                                                                                       


Kata Kunci: Kualitas Sistem, Standar ISO/IEC 9126, Sistem AGO, Maturity Model, Delay

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
putri, rika. (2019). Usulan Perbaikan Sistem Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Sistem Administrasi Gudang Online (AGO) Menggunakan Standar ISO/IEC 9126 di PT. PLN (Persero) Rayon Duri. Jurnal KomtekInfo, 6(1), 78-86. https://doi.org/https://doi.org/10.29165/komtekinfo.v6i1.234
Section
Sistem Informasi
Abstract viewed = 2 times
Download downloaded = 0 times