Perancangan Sistem Deteksi Isyarat BISINDO Dengan Metode Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System (ANFIS) https://doi.org/10.29165/komtekinfo.v6i1.232 (DOI AKTIF)

Main Article Content

Nadia Intan Pratiwi
Ida Widaningrum
Dyah Mustikasari

Abstract

Tunarungu merupakan suatu kondisi dimana pendengaran seorang individu tidak dapat berfungsi secara normal. Maka, dibuatlah bahasa isyarat yang digunakan sebagai solusi terhadap permasalahan tersebut. Di Indonesia, bahasa isyarat yang di kenal adalah SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) dan BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia). Meskipun SIBI sudah diakui oleh pemerintah Indonesia, namun dalam penggunaanya kurang diminati. Penelitan ini dilakukan untuk mengenali isyarat tangan kosong. Dimana hal itu akan membantu pengguna secara alami tanpa adanya bantuan tambahan. Percobaan yang dilakukan menggunakan dataset yang diperagakan oleh 1 peraga. Pada prosesnya, karakteristik dari tangan diambil dengan menggunakan metode Histogram Oriented Gradient (HOG). Sedangkan untuk memisahkannya dari gambar latar belakang, digunakan segmentasi warna. Hasil dari proses tersebut kemudian diambil untuk melakukan klasifikasi. Adapun proses klasifikasinya menggunakan metode Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System. Hasil dari pengujian yang dilakukan menghasilkan akurasi sebanyak 78,31 % permasalahan yang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pratiwi, N., Widaningrum, I., & Mustikasari, D. (2019). Perancangan Sistem Deteksi Isyarat BISINDO Dengan Metode Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System (ANFIS). Jurnal KomtekInfo, 6(1), 50-61. https://doi.org/https://doi.org/10.29165/komtekinfo.v6i1.232
Section
Kecerdasan Buatan
Abstract viewed = 46 times
Download downloaded = 0 times