KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Qori Fanani
Janes Jainurakhma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penyesuaian diri mahasiswa semester I terhadap pembelajaran daring di tengah pandemi covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantiatif dengan metode survey kepada 80 responden, instrumen yang digunakan adalah kuesioner penyesuaian diri Scheneider yang berbentuk skala likert dan terdiri dari 36 pernyataan. Hasil analisis data menggunakan chi-square menunjukkan p-value <0,001, hal ini menunjukkan terdapat hubungan antara penyesuaian diri dengan efektifitas pembelajaran daring. Sebagian besar responden memiliki tingkat penyesuaian tinggi terhadap pembelajaran daring, dan beberapa diantaranya sudah terbiasa dengan pembelajaran tersebut. Hasil penelitian ini mengindikasikan dengan adanya kemampuan penyesuaian diri yang bervariasi diantara mahasiswa, maka perlunya inovasi dan variasi terhadap pembelajaran daring kedepannya, supaya mahasiswa tidak cepat bosan, adaptable terhadap metode pembelajaran daring, sehingga materi yang diberikan dosen sebagai fasilitator dapat tersampaikan dengan lebih baik sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fanani, Q., & Jainurakhma, J. (2020). KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Jurnal KomtekInfo, 7(4), 285-292. Retrieved from http://lppm.upiyptk.ac.id/ojsupi/index.php/KOMTEKINFO/article/view/1596
Section
Umum
Abstract viewed = 84 times
Download downloaded = 84 times

References

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Ali, M & Asrori, M. (2006). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Aswandi, F. (2017). Hubungan kecerdasan spiritual dengan tingkat stres pada mahasiswa keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak. (Naskah publikasi tidak diterbitkan). Program Studi Keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak, Pontianak.
Cintia Astrina, R. (2019). Hubungan kecerdasan emosi dengan penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama jurusan psikologi. Jurnal Psikologi, 1–11.
Fajriana, Yulizar, Bahri, S., & Bakar, A. (2020). PENYESUAIAN DIRI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI SMA LABORATORIUM UNSYIAH PADA MASA PANDEMI COVID-19. Prociding Seminar Nasioanal 2020 “Penguatan Pendidikan Karakter Pada Era Merdeka Belajar,” 271–278.
Fajriani, Yulizar, Bahri, S., & Bakar, A. (2020). Penyesuaian Diri Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Sma Laboratorium Unsyiah Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional LP3M, 2, 271–278.
Ilmi, D., & Indrawati, E. S. (2019). Hubungan antara Kecerdasan Spiritual dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Tahun Pertama Departemen Ilmu Kelautan dan Oseanografi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang. Empati, 9(Nomor 3), 90–102.
Limbong, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Daring Akibat Pandemi Covid- 19 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa UNAI pada Semester The Effect of Online Learning Model due to Covid-19 Pandemic , on the Academic Achievement of UNAI Students in Even Semester, 161–168.
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55
Maulina, B., & Sari, D. R. (2018). Derajat Stres Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Ditinjau Dari Tingkat Penyesuaian Diri Terhadap Tuntutan Akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 1. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.4753
Mitasari, Z., & Istikomayanti, Y. (2017). Studi pola penyesuaian diri mahasiswa luar Jawa di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Seminar Nasional Dan Gelar Produk, (0341), 796–803.
Mitasari, Z., & Istikomayanti, Y. (2019). Hubungan Antara Culture Shock Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(2), 105. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i2.4316
Nalle, A. P., Saba, K. R., & Masi, L. M. (2020). the Description of Guidance and Counseling Students’ Learning Motivation in Taking Online- Based Learning During the Pandemic. JPEHSS (Journal of Physical Education Health And Sport Sciences), 1(September), 94–105.
Nursobah, A., Dedih, U., Hafid, & Nurhamzah. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Penguatan Literasi Informasi dalam Budaya Akademik Mahasiswa. UIN Sunan Gunung Djati, 1–8.
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring, 56–60.
Roni Hamdani, A., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120
Saniskoro, B. S. R., & Akmal, S. Z. (2020). Peranan penyesuaian diri di perguruan tinggi terhadap stres akademik pada mahasiswa perantau di Jakarta. Jurnal Psikologi Ulayat, 4(1), 96–106. https://doi.org/10.24854/jpu67
Setiawan, A. R., & Ilmiyah, S. Lembar Kegiatan Siswa untuk Pembelajaran Jarak Jauh Berdasarkan Literasi Saintifik pada Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19) (2020).
Sudarsana, I. K., & dkk. (2020). COVID-19: Perspektif Pendidikan. Denpasar: Yayasan Kita Menulis.