PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBASIS CROSS-PLATFORM SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI

Main Article Content

Riska Robianto

Abstract

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilaksanakan selama Pandemi Covid-19 telah membawa banyak perubahan dalam sistem pendidikan terutama dalam metode pembelajaran yang dilakukan secara dalam jaringan (daring) atau online. Berbagai persoalan muncul karena terjadi perubahan sistem pembelajaran secara mendadak dan tiba-tiba, hal ini memicu semua elemen pendidikan harus segera beradapasi dengan kondisi yang baru. Menyikapi hal ini, dosen sebagai pengampu mata kuliah perlu mempersiapkan diri dengan penguasaan teknologi dan penggunaan berbagai sumber dan media belajar. Pemilihan media ajar yang tepat disesuaikan dengan kondisi ditengah masyarakat yang semakin mengkwatirkan akan membawa dampak baik dalam menjamin terselenggarannya kegiatan belajar mengajar dengan baik. Salah satu strategi pendidikan dimasa pandemi Covid-19 adalah dengan inovasi baru yaitu membuat media ajar digital yang interaktif dan menyenangkan berbasis Cross-Platform yang dapat berjalan diberbagai perangkat dan sistem operasi manapun.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Robianto, R. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBASIS CROSS-PLATFORM SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI. Jurnal KomtekInfo, 7(4), 247-255. Retrieved from http://lppm.upiyptk.ac.id/ojsupi/index.php/KOMTEKINFO/article/view/1590
Section
Multimedia
Abstract viewed = 24 times
Download downloaded = 24 times

References

Abulyatama, U. (2020). Universitas Abulyatama Jurnal Dedikasi Pendidikan PHYSICS TEACHING : DEVELOPMENT OF LECTORA INSPIRE WITH MULTIPLE-REPRESENTATION APPROACH. 8848(2), 159–170.
Dirjenpendis. (2020). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2791 Tahun 2020 tentang Panduan Kurikulum Darurat pada Madrasah. 1–17.
Kemdikbud. (2020). Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa. Www.Kemdikbud.Go.Id, 26. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus
Kristanto, T., Hapsari, R. K., Nita, V. S., & Maimunah, S. (2015). Rancang Bangun Aplikasi E-Learning Berbasis Multiplatform untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 1(3), 279–290. https://doi.org/10.28932/jutisi.v1i3.408
Malik Prigianata, M., Setyosari, P., & Kunci, K. (n.d.). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Cross Platform Mata Pelajaran Ipa Pada Siswa Kelas Viii Semester Ii Di Smp Negeri 3 Malang Multimedia Development Based Learning Cross Platform Subject Ipa in Class Viii Semester Ii in Smp Negeri 3 Malang. 330–337.
PGDIKMEN, A. W.-. (n.d.). Strategi Pembelajaran Dimasa Pandemi. http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/read-news/strategi-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19
Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842
Wikipedia.org. (n.d.-a). Cross-Platform. Retrieved November 20, 2020, from https://id.wikipedia.org/wiki/Lintas_platform#:~:text=Lintas platform (bahasa Inggris%3A cross,%2C BSD dan lain sebagainya).
Wikipedia.org. (n.d.-b). Pandemi Covid-19. Retrieved November 20, 2020, from https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_COVID-19
Wulandari, bekti. (2017). Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Lectora Inspire. 5. http://staffnew.uny.ac.id/upload/198812242014042002/pengabdian/Modul Lectora 2017.pdf
Hadi, A. F., Mulyani, S. R., Ridwan, M., Irzon, I., & Andini, S. (2020, November). MULTIMEDIA AS A MEDIA FOR ANALYZING STUDENT LEARNING OUT-COMES WITH THE CONCEPT OF BLENDED LEARNING. In International Conference on Social, Sciences and Information Technology (Vol. 1, No. 1, pp. 349-354).