Android Perancangan Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis Menggunakan Arduino Berbasis Android (Studi Kasus : Toko Arapaima Aquarium)

Main Article Content

andhika amri

Abstract

Pemberian pakan kepada ikan adalah suatu hal yang terpenting dalam membudidayakan ikan, dengan secara rutin pemberian pakan kepada ikan, maka ikan akan dapat terus berkembang biak. Pada umumnya proses pemberian pakan masih membutuhkan sumber daya manusia yang sifatnya masih manual, sehingga akan kesulitan dan mengganggu aktifitas manusia itu sendiri, jika proses yang dilakukan harus menebarkan pakan ke akuarium ketika seseorang tidak ditempat, oleh karena itu saat ini telah berkembang teknologi IOT (Internet of Thing) yang dapat mempermudah aktifitas manusia dengan sistem kendali jarak jauh. Proses pemberian pakan dengan sistem kendali jarak jauh dilakukan menggunakan android, sehingga mempermudah dan menghemat waktu seseorang dalam proses pemberian pakan tanpa harus ditempat. Alat sistem kontrol yang digunakan yaitu arduino ESP8266 sebagai platform pengendali mikro single board, sehingga alat kontrol tersebut dapat berfungsi untuk mengkoneksikan jaringan WI-FI. Proses mengkoneksikan perangkat arduino ESP8266 dengan smartphone dilakukan dengan menggunakan broker sebagai hosting, broker yang digunakan adalah MQTT (Message Queuing Telemetry Transport), MQTT adalah sebuah protokol yang berjalan diatas stack TCP/IP dan dirancang khusus untuk machine to machine yang tidak memiliki alamat khusus. Sistem kerja broker MQTT adalah dengan menerapkan publish sebagai pengirim data, subcribe sebagai penerima data, dan topic sebagai hosting data broker.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
amri, andhika. (2020). Android Perancangan Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis Menggunakan Arduino Berbasis Android (Studi Kasus : Toko Arapaima Aquarium). Jurnal KomtekInfo, 7(4), 270-277. https://doi.org/https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v7i4.1450
Section
Sistem Pakar
Author Biography

andhika amri, universitas universal

Scopus Author Id - 57205618613

Google Scholar Id - GHJN74gAAAAJ

Abstract viewed = 8 times
PDF downloaded = 8 times