Optimalisasi Prediksi Biaya Komisi Penjualan Mobil Menggunakan Metode Monte Carlo

Main Article Content

Zupri Henra Hartomi
Yuhandri Yuhandri
Julius Santony

Abstract

Penjualan merupakan sumber pendapatan utama setiap perusahaan. Setiap perusahaan dalam memasarkan suatu produk, hendaknya menguasai pasar yang potensial untuk mendapatkan keuntungan. Memprediksi jumlah penjualan merupakan hal penting dalam menganalisis perkembangan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu perusahaan dalam memprediksi penjualan mobil dan anggaran biaya komisi mobil berdasarkan data penjualan dari tahun sebelumnya. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data penjualan mobil Tahun 2017 dan Tahun 2018 di Showroom Arengka Automall Pekanbaru (SAA Pekanbaru). Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan metode Monte Carlo. Hasil dari pengujian yang telah dilakukan menyatakan bahwa penjualan mobil oleh Marketing dalam kurun waktu 1 tahun menghasilkan rata-rata tingkat akurasinya sebesar 94% dan biaya komisi penjualan sebesar Rp 411.000.000. Dari hasil tersebut sesuai dengan perhitungan yang dilakukan secara manual sehingga dengan nilai akurasi yang besar tersebut, maka penerapan simulasi menggunakan Metode Monte Carlo ini layak untuk diterapkan oleh perusahaan dalam pengambilan keputusan dimasa yang akan datang untuk merencanakan estimasi anggaran biaya komisi penjualan mobil dan sebagai salah satu sarana untuk menilai kinerja Marketing di SAA Pekanbaru.


Kata kunci: Prediksi;  Penjualan;  Monte Carlo;  Pemodelan;  Simulasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hartomi, Z., Yuhandri, Y., & Santony, J. (2020). Optimalisasi Prediksi Biaya Komisi Penjualan Mobil Menggunakan Metode Monte Carlo. Jurnal KomtekInfo, 7(2), 140-151. https://doi.org/https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v7i2.1331
Section
Sistim Pendukung Keputusan
Abstract viewed = 55 times
PDF downloaded = 55 times