ANALISIS QUALITY CONTROL DALAM PROSES PENGOLAHAN TEH HITAM DENGAN METODE SIX SIGMA

Main Article Content

Irsan ST
Henny Yulius

Abstract

Abstrak


 Perkebunan Nusantara VI Unit Usaha Danau Kembar yang merupakan salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang industri perkebunan teh hitam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kualitas proses pengolahan teh hitam yang menyimpang (cacat) atau rework pada stasiun kerja pengeringan dengan menggunakan metode pengendalian kualitas Six Sigma melalui konsep DMAIC.


Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai sigma yang didapatkan untuk produksi teh hitam jenis PF (Pecco Fanning) memiliki nilai sigma 3,2661 (3-sigma) dengan nilai DPMO sebesar 38690. Hal ini menunjukkan bahwa setiap satu juta kesempatan akan terdapat kemungkinan 38690 unit ketidaksesuian/produk rework. Penyebab rewok pada produk dipengaruhi oleh faktor manusia, mesin, lingkungan kerja serta metode kerja yang dilakukan.


 Kata kunci: Pengendalian Kualitas, Six Sigma, DMAIC

Article Details

How to Cite
ST, I., & Yulius, H. (2019). ANALISIS QUALITY CONTROL DALAM PROSES PENGOLAHAN TEH HITAM DENGAN METODE SIX SIGMA. Jurnal Teknologi, 9(2), 16-24. https://doi.org/https://doi.org/10.35134/jtn.v9i2.851
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times PDF downloaded = 0 times PDF downloaded = 0 times