A ANALISIS TEKNIS USAHA PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DARI KOTORAN AYAM (Studi Kasus Di Peternakan Ayam H. Mangkuto – Lintau Buo) ANALISIS TEKNIS USAHA PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DARI KOTORAN AYAM (Studi Kasus Di Peternakan Ayam H. Mangkuto – Lintau Buo)

Main Article Content

susriyati susriyati

Abstract

Peternakan ayam H. Mangkuto merupakan salah satu peternakan penghasil limbah yang cukup besar di Lintau Buo dan limbah yang dimaksud adalah kotoran ayam. Limbah jenis ini dapat menyebabkan polusi udara dan akan mengganggu kesehatan manusia tentunya. Dari kondisi tersebut maka peneliti terinspirasi untuk mengolah limbah dengan kata lain kotoran ayam menjadi sesuatu yang bernilai jual dengan cara mengolah kotoran ayam ini menjadi pupuk organik secara aerob dengan teknologi rendah dalam bentuk remah, kemudian mengetahui kadar air dan PH pupuk organik tersebut berdasarkan parameter ideal  pupuk organik. Dan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pupuk organik dalam bentuk remah dengan kadar air 32,98% dan PH 9,30 dan usaha ini memang layak untuk dikembangkan karena baik untuk kesehatan dan ramah lingkungan tentunya.


 


Kata kunci: Kotoran Ayam, Kadar Air, PH, Pupuk Organik.

Article Details

How to Cite
susriyati, susriyati. (2019). A ANALISIS TEKNIS USAHA PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DARI KOTORAN AYAM (Studi Kasus Di Peternakan Ayam H. Mangkuto – Lintau Buo). Jurnal Teknologi, 9(2), 1-9. https://doi.org/https://doi.org/10.35134/jtn.v9i2.838
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times