ANALISIS PRODUKTIVITAS OPERATOR KASIR MENGGUNAKAN METODE WORK SAMPLING: STUDI KASUS GERAI CHATIME MANGGA BESAR

Main Article Content

Hendy Tannady
Ruth Elisa Rumawan
Fuji Rahayu Wilujeng
Glisina Dwinoor Rembulan

Abstract

Chatime merupakan salah satu bisnis waralaba penyedia minuman yang berasal dari Taiwan. Dalam perkembangannya, Chatime telah membuka cabang di berbagai negara, salah satunya di Indonesia. Kualitas pelayanan Chatime sangat dipengaruhi oleh kasir dimana sebagian besar pekerjaan dilakukan oleh kasir, seperti menerima pesanan, membuat pesanan, melakukan transaksi, dan memberikan pesanan kepada pelanggan. Oleh karena itu, kinerja kasir perlu diukur dengan analisis produktivitas operator yang tepat guna meningkatkan produktivitas dan kepuasan pelanggan. Gerai Chatime Mangga Besar merupakan gerai baru yang dibuka pada tanggal 18 Januari 2019 dan Mangga Besar merupakan daerah yang terkenal ramai sebagai tempat wisata kuliner malam dimana jam buka berbagai tempat kuliner di Mangga Besar akan meningkatkan jumlah pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja operator kasir menggunakan metode work sampling di gerai Chatime Mangga Besar yang dilakukan pada pukul 18.00-21.00 WIB. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai waktu normal 0,8605 menit/orang, waktu baku 1,2843 menit/orang, output standar 420,4625 pelanggan, persentase produktif 94,59%, dan beban kerja 185,9%.

Article Details

How to Cite
Tannady, H., Rumawan, R., Wilujeng, F., & Rembulan, G. (2019). ANALISIS PRODUKTIVITAS OPERATOR KASIR MENGGUNAKAN METODE WORK SAMPLING: STUDI KASUS GERAI CHATIME MANGGA BESAR. Jurnal Teknologi, 9(2), 10-15. https://doi.org/https://doi.org/10.35134/jtn.v9i2.737
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times