PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, LEVERAGE DAN KEPEMILIKAN KELUARGA TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK DENGAN LIKUIDITAS SEBAGAI PEMODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Main Article Content

Yamasitha Yamasitha

Abstract

Penulis melakukan penelitian atau pengambilan data pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tujuan penelelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility, leverage dan kepemilikan keluarga terhadap agresivitas pajak dengan likuiditas sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Penelitian ini dilakukan dengan menngambil 56 perusahan manufaktur sebagai sebagai objek penelitian. Dalam penelitian ini, peniulis menggunakan metode kuantitatif karena berhubungan dengan angka-angka dan melakukan analisis data statistik kemudian perhitungan dari data-data yang diperoleh darai Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode analisis yang diguanakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear berganda dan uji hipotesis yaitu : uji t, uji F dan R2.


 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negative dan signifikan corporate social responsibility terahadap agresivitas pajak. Berpengaruh negative dan signifikan terdhadap agresivitas pajak. Kepemilikan keluarga berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap agresivitas pajak. Teradapat pengaruh negative dan tidak signifikan CSR dimoderasi likuiditas terhadap agresivirtas pajak. Pengaaruh signifiakan leverage di moderasi likuiditas dan kepemilikan keluarga dimoderasi likuiditas terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap agresiviatas pajak.


 Kata Kunci :Corporate Social Responsibility, Leverage, Kepemilikan Keluarga, AgresivitasPajak.

Article Details

How to Cite
Yamasitha, Y. (2020). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, LEVERAGE DAN KEPEMILIKAN KELUARGA TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK DENGAN LIKUIDITAS SEBAGAI PEMODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR. Jurnal Ekobistek, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35134/ekobistek.v9i1.922
Section
Articles
Abstract viewed = 43 times
PDF downloaded = 43 times