TINGKAT KONTROL DIRI SISWA DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SEKOLAH DI SMAN 1 CANDUANG Kata Kunci: Tingkat Kontrol Diri Siswa

Main Article Content

Nikmatul Husna

Abstract

ABSTRACT


Penelitian ini dibuat oleh Nikmatul Husna, dengan judul TINGKAT KONTROL DIRI SISWA DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SEKOLAH DI SMAN 1 CANDUANG.


Setiap individu memiliki kontrol diri yang berbeda-beda. Ada yang dapat mengontrol diri dengan baik dan ada yang tidak. Penelitian ini beranjak dari kontrol diri memiliki 3 aspek, yaitu: Behavioral Control, Cognitive Control, dan Decisional Control. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar tingkat kontrol diri siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah di SMAN 1 Canduang.


Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan menggambarkan, memaparkan, dan menafsirkan kejadian-kejadian sesuai dengan fakta yang diperoleh yang hasilnya berupa angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMAN 1 Canduang kelas X, XI, dan XI yang berjumlah 300 orang. Sampel penelitian ini adalah 60 orang yang diambil dengan menggunakan teknik Stratified Proporsional Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrumen angket skala Likert. Teknik analisis data menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) Versi 16


Dari hasil penelitian diperoleh bahwa persentase skor rata-rata untuk behavioral control sebesar 71,15 % dengan standar deviasi 0,84 yang tergolong pada kategori tinggi, persentase skor rata-rata untuk cognitive control  sebesar 61,35 % dengan standar deviasi 0,88 yang tergolong pada kategori tinggi, persentase skor rata-rata untuk decisional control sebesar 81,5% dengan standar deviasi 1,74 yang tergolong pada kategori sangat tinggi. Secara keseluruhan diketahui bahwa persentase rata-rata keseluruhan sebesar 71,33 % dengan standar deviasi 1,15 yang tergolong pada kategori tinggi.


Dapat disimpulkan bahwa siswa SMAN 1 Canduang memiliki tingkat kontrol diri yang tinggi dalam mematuhi tata tertib sekolah.Siswa tersebut mampu mengarahkan dirinya pada tindakan yang tepat yang sesuai dengan lingkungan tempat individu itu berada. Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada siswa SMAN 1 Canduang agar bisa tetap mengontrol diri dalam mematuhi tata tertib sekolah dan menjadi lebih baik.


Kata Kunci: Tingkat Kontrol Diri Siswa

Article Details

How to Cite
Husna, N. (2019). TINGKAT KONTROL DIRI SISWA DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SEKOLAH DI SMAN 1 CANDUANG. Jurnal Ekobistek, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35134/ekobistek.v8i1.177
Section
Articles
Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 12 times