Pengaruh SOCIAL MEDIA MARKETING, FASILITAS WISATA DAN CITRA DESTINASI WISATA TERHADAP MINAT WISATAWAN BERKUNJUNG

Main Article Content

Chintya Ones Charli
Della Asmaria Putri

Abstract

Melihat besarnya potensi dari industri pariwisata di Sumatera Barat, masih banyak variabel penelitian yang perlu diteliti terkait dengan minat wisatawan untuk terus berkunjung ke sejumlah objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Dilatar belakangi oleh hal tersebut, peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalis pengaruh Social Media Marketing, Fasilitas Wisata dan Citra Destinasi Wisata terhadap Minat Wisatawan Berkunjung. Populasi pada penelitian ini adalah wisatawan yang pernah mengunjungi objek wisata di Pulau Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Pada penelitian ini Sampel diambil dengan teknik accidental sampling method dengan menyebarkan angket penelitian sebanyak 239 orang responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi melalui software SPSS untuk menganalisis data, dengan melakukan pengujian validitas, reabilitas, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis berupa Uji-t dan Uji-F.


Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan Social Media Marketing, Fasilitas Wisata dan Citra Destinasi Wisata terhadap Minat Wisatawan Berkunjung pada objek wisata Pulau Mandeh baik secara persial maupun secara simultan. Hal ini menunjukan bahwa sosial media, fasilitas wisata dan Citra Destinasi Wisata yang ada pada kawasan pulau mandeh sudah mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung kembali dan tetap meningkatkan promosi melalui sosial media, meningkatkan fasilitas wisata dan menambah Citra Destinasi Wisata yang baru sehingga wisatawan tidak merasa bosan untuk berkunjung.

Article Details

How to Cite
Charli, C., & Putri, D. (2020). Pengaruh SOCIAL MEDIA MARKETING, FASILITAS WISATA DAN CITRA DESTINASI WISATA TERHADAP MINAT WISATAWAN BERKUNJUNG. Jurnal Ekobistek, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35134/ekobistek.v9i2.1439
Section
Articles
Author Biography

Della Asmaria Putri, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Mohon bantuannya bapak / ibu admin

Abstract viewed = 22 times
PDF downloaded = 22 times