Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan di Perusahaan yang Go Public (Study Kasus Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2010-2014)

Main Article Content

Muhammad Pondrinal

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kinerja keuangan perusahaan (Return On Asset). Dalam penelitian ini kinerja keuangan diukur dengan menggunakan ROA. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility dengan 79 pengungkapan menurut GRI, sedangkan variabel dependennya adalah Kinerja Keuangan. Sampel penelitiannya adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di bursa efek indonesia dengan periode penelitian 2010-2014. Adapun sampel yang digunakan adalah 4 perusahaan.Hasil penelitian menunjukkan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif terhadap Kinerja keuangan. Besarnya pengaruh yang diberikan oleh variabel Coporate Social Responsibility (CSR) adalah sebesar 38,2%, sedangkan sisanya sebesar 61.8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 


Kata kunci : Corporate Social Responsibility, Return on Assets (ROA).

Article Details

How to Cite
Pondrinal, M. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan di Perusahaan yang Go Public (Study Kasus Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2010-2014). Jurnal Ekobistek, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35134/ekobistek.v8i1.142
Section
Articles
Abstract viewed = 19 times
PDF downloaded = 29 times