PEMETAAN PEMAHAMAN AWAL PARA PELAKU USAHA FOOD TRUCK DI KAWASAN WISATA KOTA PADANG TENTANG HALAL TOURISM

Main Article Content

Larissa Navia Rani
Muhammad Ridwan
Muhammad Fadli

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk memetakan pemahaman awal para pelaku usaha yang
bergerak dalam food truck di kawasan wisata kota Padang mengenai konsep wisata halal
(halal tourism). Penelitian ini mengunakan metodologi penelitian kuantatif dengan
pendekatan survei. Metode sampling mengunakan stratifeid random sampling yaitu
mengambil sampel secara acak porposional dari masing-masing jenis usaha food truck
yaitu 30 orang pelaku food truck pada empat kawasan wisata di kota Padang. Indikator
survei yang digunakan yaitu sebelas indikator sebagai alat ukur pemahaman mengenai
halal tourism yaitu: (1) ramah keluarga, (2) keamanan, (3) jumlah kunjungan muslim, (4)
jaminan kehalalan makanan dan minuman, (5) fasilitas sholat, (6) fasilitas bandara, (7)
pilihan akomodasi, (8) kesadaran kebutuhan wisatawan muslim, (9) kemudahan
komunikasi, (10) kemudahan visa, dan (11) dukungan pemerintah. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh kesimpulan bahwa mayoritas responden dalam penelitian in telah
memahami konsep wisata halal. Indikator yang paling dominan dipahami oleh responden
adalah kesaradaran kebutuhan wisatawan muslim. Hal ini menunjukkan para pelaku
usaha food truck di Kota Padang memiliki pemahaman awal yang baik mengenai konsep
wisata halal.
Kata kunci: Halal Tourism, Food Truck, Ekonomi Kreatif.

Article Details

How to Cite
Rani, L., Ridwan, M., & Fadli, M. (2019). PEMETAAN PEMAHAMAN AWAL PARA PELAKU USAHA FOOD TRUCK DI KAWASAN WISATA KOTA PADANG TENTANG HALAL TOURISM. Jurnal Ekobistek, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35134/ekobistek.v8i1.113
Section
Articles
Abstract viewed = 23 times
PDF downloaded = 22 times