Autor Guide

Author Guidelines

 

Judul

:

Judul harus jelas dan singkat, maksimal 12 kata, ukuran huruf 16pt, tidak cetak tebal dan hanya huruf awal kata saja yang dicetak kapital. Nama penulis dan afiliasinya seperti yang tertulis di template. Nama penulis ditulis secara jelas tanpa gelar. Penomoran heading dengan sistem Arabic dengan sub-heading maksimal hingga 3 tingkat.

Judul harus mengandung highlight, tidak perlu mengandung cara, lokasi ( objek ) penelitian boleh ditulis jika merujuk sebuah hal yang bersifat insidentil ( contoh :budaya ) lain dari pada itu lokasi dijelaskan di latar belakang

 

Abstrak

:

Abstrak seharusnya merangkum secara singkat dan jelas dan usahakan eksplisit tentang: (1) Latar belakang singkat (jika ada); (2) Tujuan dan/atau ruang lingkup penelitian; (3) Metode (singkat) yang digunakan; (4) Ringkasan hasil/finding; dan (5) Simpulan.

Kata kunci: kata kunci dituliskan dalam 5 kata yang sebaiknya merupakan subset dari judul makalah, ditulis dengan menggunakan huruf kecil kecuali untuk singkatan, dan dipisahkan dengan tanda baca koma untuk antar kata.

 

Pendahuluan

:

Pendahuluan diawali (secara singkat, misal maksimum 1 paragraf) latar belakang umum kajian; kemudian seharusnya memuat State of The Art (kajian review literatur atau penelitian2 sebelumnya secara singkat, 1-2 paragraf) dengan tujuan untuk menjustifikasi/menguatkan pernyataan novelty atau signifikansi atau kontribusi ilmiah atau orisinalitas dari artikel ini dan usahakan harus ada rujukan ke artikel dari jurnal 10 tahun terakhir yang memperkuat justifikasi orisinalitas atau kontribusi tersebut)

 

Sebelum menuliskan tujuan kajian, harus ada Gap Analysis atau pernyataan kesenjangan (orisinalitas) atau pernyataan kontribusi kebaruan (novelty statement) secara jelas dan eksplisit, atau beda unik penelitian ini dibanding penelitian-penelitian sebelumnya, juga dari sisi penting tidaknya penelitian tersebut dilakukan,

BUKAN seperti ini (Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini....).

 

Baru kemudian dituliskan tujuan penelitian secara eksplisit setelah gap analaysis ini secara lugas dan jelas.

 

Metode penelitian

:

Jelaskan metode preparasi dan teknik karakterisasi yang digunakan. Jelaskan dengan ringkas, tetapi tetap akurat seperti ukuran, volume, replikasi dan teknik pengerjaan. Untuk metode baru harus dijelaskan secara rinci agar peneliti lain dapat mereproduksi percobaan. Sedangkan metode yang sudah mapan bisa dijelaskan dengan memetik rujukan

Hasil dan pembahasan

:

Rangkaian hasil penelitian berdasarkan urutan/susunan logis untuk membentuk sebuah cerita. Isinya menunjukan fakta/data dan jangan diskusikan hasilnya. Dapat menggunakan Tabel dan Angka tetapi tidak menguraikan secara berulang terhadap data yang sama dalam gambar, tabel dan teks. Untuk lebih memperjelas  uraian, dapat mengunakan sub judul.

Pembahasan adalah penjelasan dasar, hubungan dan generalisasi yang ditunjukkan oleh hasil. Uraiannya menjawab pertanyaan penelitian. Jika ada hasil yang meragukan maka tampilkan secara objektif

 

Kesimpulan

:

Kesimpulan hanya cukup menjawab permasalahan atau tujuan penelitian, atau dapat juga menghasilkan sebuah teori/konsep baru berdasarkan fakta/analisis yang ada; Jangan terkesan membahas lagi di bagian Simpulan. Boleh ditambahkan implikasi atau saran (tidak wajib). Sebaiknya dituliskan dalam bentuk paragraf, bukan dalam bentuk item list/numbering. Jika terpaksa ada item list/numbering, tetapi dituliskan dalam bentuk paragraph. Jangan dibagi menjadi sub-bab simpulan dan sub-bab saran.

 

Ucapan terima kasih ( jika ada)

:

Sebutkan pihak yang membantu atau memfalisitasi penelitian ini.

 

 

Daftar pustaka

:

Daftar Pustaka seharusnya ditulis secara benar dan lengkap sesuai dengan format penulisan di Author Guidelines. Kemutakhiran pustaka rujukan terutama khususnya yang dipakai untuk menjustifikasi orisinalitas atau novelty (di Pendahuluan) sebaiknya 10 tahun terakhir.

Keprimeran literatur pustaka rujukan, usahakan minimum 80% berasal dari literatur primer/jurnal ilmiah (untuk bidang ilmu eksakta), atau minimum 50% dari literatur primer/jurnal ilmiah untuk bidang ilmu sosial humaniora, Buku-buku yang berisi konsep teori boleh dipakai sebagai acuan, tetapi usahakan maksimum hanya 20% saja (untuk ilmu eksakta) atau 50% saja (untuk ilmu sosial humaniora). Jumlah rujukan di daftar pustaka minimal 15 pustaka acuan.

 

Contoh penulisan bisa dilihat di template

 

Format tabel dan gambar

:

Cek di template

Template jurnal. Download disini.