PENGEMBANGAN BUKU AJAR KEWIRAUSAHAAN PADA MATERI MENJUAL PRODUK ATAU JASA BERBASIS BISNIS ON LINE UNTUK MAHASISWA FKIP UPI YPTK PADANG

Muharika Dewi, Irsan Irsan

Sari

Wirausaha harus memiliki kemampuan dalam membidik pasar yang potensial. Terjadinya perubahan kebiasaan berbelanja konsumen dari offline menjadi online menyebabkan harus dilakukannya pengembangan materi ajar pada mata kuliah Kewirausahaan tingkat Perguruan Tinggi. Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan langkah pengembangan menurut Bolg & Gall. Hasil penelitian sesuai dengan langkah penelitian menunjukkan bahwa 1. Bedah kurikulum Kewirausahaan pada Perguruan Tinggi belum terintegrasi dengan kebutuhan akan perkembangan teknologi informasi khususnya perdagangan melalui jaringan internet, 2. Identifikasi materi ajar yang ada selama ini kurang memiliki relevansi dengan perkembangan perilaku konsumen dan perkembangan global, 3. Pengembangan Naskah pada materi menjual barang dan jasa layanan secara online dilakukan mengacu kepada kebutuhan aktual wirausaha internet. 4. Produksi awal buku ajar dilakukan setelah melengkapi naskah, 5. Tahap penyempurnaan dilakukan dengan validasi buku ajar oleh ahli media dan validasi materi oleh ahli materi bahasa, 6. Uji coba dilakukan pada pada mahasiswa FKIP berjumlah 15 orang untuk melihat bagian yang masih harus direvisi. 7. Revisi akhir diujicobakan pada kelompok besar untuk melihat hasil efektifitas dalam penggunaan buku ajar. Hasil penelitian merekomendasikan bahwa penting digunakan buku ajar Kewirausahaan yang terintegrasi dengan kebutuhan dan perkembangan kebutuhan berwirausaha yang selalu diperbaharui dalam jangka waktu tertentu oleh Dosen.
Kata kunci: Kewirausahaan, Buku Ajar, Bisnis Online, Penelitian dan Pengembangan (R&D)

Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.