RANCANG BANGUN PENGHITUNG TETESAN, PENCEGAH GELEMBUNG UDARA, DAN DRIP CHAMBER PADA INFUS PASIEN

Erdisna Erdisna

Sari

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk merancang sebuah pengembangan sistem baru untuk pengontrolan infusion pump agar pembrian cairan infus lebih akurat dan pemanfaatannya dapat menjadi lebih maksimal dari pada sebelumnya.
Sistem yang dirancang,dengan membuat dan mengimplementasikan komponen-komponen sistem yang meliputi Mikrokontroler sebagai pengendali proses, push button untuk input yang akan dipilih sesuai dengan kebutuhan pasien, switch elektroda sebagai input pengendalian motor oleh IC Driver motor stepper , LCD sebagai tampilan angka tetesan, vibator motor sebagai output untuk menggetarkan selang untuk mencegah gelembung udara dan buzzer sebagai pemberitahuan jika infus habis dan tidak mengalir ke dalam drip chamber. Perpaduan dari komponen tersebut sangat mendukung tujuan pembuatan sistem sebagai perangkat lapangan untuk pemanfaatan infusion pump yang dirancang secara otomatis beserta dengan sistem keamanannya.
Hasil penelitian menunjukan infusion pump yang dibuat dapat berfungsi dengan baik dan dapat digunakan langsung ditempat yang membutuhkan.


Kata Kunci : Penghitung Tetesan, Gelembung Udara, Drip Chamber

Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.