RANCANG BANGUN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) MAKANAN DIET PENYAKIT DIABETES MELLITUS PASIEN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA SOLOK

Mardison Mardison, Ririn Rusli

Sari

Abstrak

Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu sarana untuk menjalin hubungan yang berkelanjutan antara perusahaan dengan para stakeholder maupun shareholdernya. Saat ini banyak perusahaan yangmemanfaatkan Customer Relationship Management (CRM) untuk menjalin hubungan dengan pelanggan.tidak hanya perusahaan saja tapi juga rumah sakit dengan pasiennya. Denganmemanfaatkan CRM, pihak rumah sakit akan mengetahui apa yang diharapkan dan diperlukan pasiennya khusunya pasien rawat jalan sehingga akantercipta ikatan emosional yang mampu menciptakan hubungan yang saling berkaitan Dengan demikian kesetiaan pasien dapat dipertahankan dan tidak mudah berpindah tempat.Diabetes Melitus atau kencing manis telah menjadi masalah kesehatan dunia. Prevalensi dan insiden penyakit ini meningkat secara drastis di negara-negara industry baru menyebutkan bahwa penyuluhan dan konsultasi gizi adalah kegiatan penyampaian pesan – pesan gizi yang dilaksanakan untuk menambah dan meningkatkan sikap, pengertian serta perilaku positif penderita dan lingkungannya terhadap upaya peningkatan gizi dan kesehatan.Informasi yang diperlukanpasien diet makanan diabetes ini yaitu sebelumnya harus mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan. Setelah mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan, maka pasien akan dihitung gula darahnya di instalasi laboratorium. Apabila gula darahnya rendah / tinggi maka harus melakukan diet makanan penyakit diabetes ini.Untuk itu perlu adanya konsultasi dengan ahli gizi atau pergi keinstalasi gizi untuk mengetahui takaran makanan diet ini yang sebelumnya harus ada surat rujukan dari dokter.
Kata kunci: Customer Relationship Management, Diabetes, Kalori

Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.