ANALISA KEPUASAN KONSUMEN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENYALURAN KREDIT (Kasus : PT. PEGADAIAN KOTA PADANG )

Sasnelwati Sasnelwati

Sari

AbstrakĀ 

Penelitian ini ditujukan penulis untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Kualitas Layanan Jasa secara simultan dan parsial terhadap Kepuasan Konsumen dalam penyaluran kredit disalurkan oleh Pegadaian Kota Padang, dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu berupa kuisioner dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan berganda. Penelitian menghasilkan adanya pengaruh yang signifikan antara Tangible (X1) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) pada PT. PEGADAIAN Cabang Tapi Bandar Padang. Dengan nilai t hitung > t tabel (0,962 > 1,985) dan tingkat siginifikan 0,338 < 0,05, artinya secara parsial ada pengaruh yang signifikan antara tengibles dengan Kepuasan Konsumen. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Empathy (X2) terhadap Kepuasan kepuasan Konsumen pada PT. PEGADAIAN di Kota Padang. Dengan nilai t hitung > t tabel (2,008 > 1,985) dan tingkat siginifikan 0,048 < 0,05, artinya secara parsial ada pengaruh yang signifikan antara Empathy dengan Kepuasan Konsumen. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Reliability (X3) terhadap Kepuasan kepuasan Konsumen pada PT. PEGADAIAN Kota Padang. Dengan nilai t hitung > t tabel (- 2,764 > 1,985) dan tingkat siginifikan 0,007 < 0,05, artinya secara parsial ada pengaruh yang signifikan antara Reliability dengan Kepuasan Konsumen. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Responsiveness (X4) terhadap Kepuasan kepuasan Konsumen pada PT. PEGADAIAN Kota Padang. Dengan nilai t hitung > t tabel (3,650 < 1,985) dan tingkat siginifikan 0,000< 0,05, artinya secara parsial ada pengaruh yang signifikan antara Reliability dengan Kepuasan Konsumen. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Assurance (X5) terhadap Kepuasan kepuasan Konsumen PT. PEGADAIAN Kota Padang. Dengan nilai t hitung > t tabel (-0,522 > 1,985) dan tingkat siginifikan 0,603< 0,05, artinya secara parsial tidak ada pengaruh yang signifikan antara assurance dengan Kepuasan Konsumen. Uji simultan (uji F) dapat diketahui nilai Fhitung 4,341 > Ftabel sebesar 2,31 dengan tingkat signifikan 0,001 < 0,05, artinya variabel Tangible, Empati, Reliability, Responsiveness, dan Assurance berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap variabel Kepuasan Konsumen. Dan berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,189. Hal ini menunjukkan bahwa besarnya persentasi kontribusi Tangible, Empati, Reliability, Responsiveness, dan Assurance terhadap kepuasan konsumen adalah 18,9% dan sisanya sebesar 81,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.


Kata kunci : Kepuasan Konsumen, Tangible, Empathy, Reliability, Responsiveness, dan Assurance.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.